Revitalisasi pembangunan Terminal Cepu dianggarkan Rp32 miliar

Foto: Gatot Aribowo

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol. Drs. Hendro Sugiatno didampingi Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan keterangan persnya saat melakukan groundbreaking pembangunan revitalisasi Terminal Cepu.

Kamis, 15 Juni 2023 15:50 WIB

BLORA (wartablora.com)—Terminal Cepu mulai dibangun dengan anggaran Rp32 miliar oleh Kementerian Perhubungan. Mulainya pembangunan terminal ini ditandai dengan groundbreaking oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol. Drs. Hendro Sugiatno, disaksikan anggota DPR RI Sudewo dan Bupati Blora Arief Rohman, Jumat (15/6/2023).

Dengan anggaran Rp32 miliar ini, nantinya Terminal Cepu tidak hanya sekedar berfungsi sebagai tempat untuk naik-turun penumpang saja. Melain, setelah direvitalisasi terminal tersebut diharapkan bisa memiliki fungsi-fungsi lainnya. Seperti menggeliatkan ekonomi di Cepu, dengan turut memberikan ruang bagi UMKM, serta kegiatan-kegiatan sosial masyarakat.

Hendro Sugiatno berharap, revitalisasi terminal Cepu tersebut selain bisa meningkatkan pelayanan transportasi, juga bisa berfungsi untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

“Terminal ini bukan hanya berfungsi untuk naik turun penumpang saja tapi ada kegunaan-kegunaan disitu. Ada fungsi-fungsi ekonomi yang tumbuh, ada UMKM, ada kegiatan masyarakat ada ruang pertemuan yang mungkin bisa 200-250 orang yang bisa ditampung silakan masyarakat Cepu agar bisa memanfaatkan,” Jelasnya

Bahkan, dia juga ingin agar nantinya pemerintah daerah bisa mendorong UMKM untuk meramaikan terminal, misalnya dengan menjadikan pusat kuliner. “Kalau bis mungkin bisa berhenti jam 5 sore, tetapi yang malam (ekonomi) tetap tumbuh. Mungkin Pak Bupati bisa menumbuhkan pusat-pusat kuliner yang ada di Cepu nanti untuk bisa berdiri di terminal ini,” beber Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Disampaikan Dirjen, melihat bahwa data pergerakan bis dan masyarakat memang cukup tinggi di Cepu dan juga menandakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Cepu sangat bagus, maka kita punya kewajiban untuk merevitalisasi terminal tersebut.

“ Kita melakukan groundbreaking revitalisasi terminal Cepu. Kita tata agar lebih baik lagi dan insyaAllah nanti akan menjadi bangunan yang sangat representatif di Cepu dalam upaya kita memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat Cepu atau orang yang berkunjung ke Cepu dengan menggunakan bis, sehingga akan mendapatkan tempat yang baik,” ungkapnya

Lanjutnya, revitalisasi ini dianggarkan total sejumlah Rp 32 Miliar dengan dana bersumber dari SBSN dan ditargetkan bisa selesai pada tahun ini. Berbagai fasilitas yang berstandar juga akan dibangun untuk meningkatkan layanan dan fungsi terminal.

Sementara itu, Bupati Arief menyatakan, pihaknya ingin agar terminal Cepu nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan positif masyarakat. Sehingga selain ekonomi bergeliat, diharap Cepu bisa semakin ramai.

“Tadi paparannya akan jadi terminal yang indah, kami juga mohon kedepan bisa kita manfaatkan selain untuk UMKM, nanti hari Minggu biar ada car free day dan sebagainya, biar Cepu ini ekonominya semakin menggeliat dan ramai,” jelasnya

Dikatakan Bupati bahwa Cepu ini merupakan wilayah strategis, termasuk kaitannya dengan transportasi darat. Mengingat bahwa terminal tersebut selalu ramai dan banyak bis dari provinsi lain seperti Jawa Timur yang berhenti di Terminal Cepu juga.

Pihaknya menilai, revitalisasi terminal penumpang yang saat ini telah dimulai, akan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, khususnya kaitannya dengan pelayanan transportasi darat.

“Cepu ini adalah kecamatan di Kabupaten Blora, tapi dari lebih ramai dari Blora. Kalau pusat ekonomi dan sebagainya ada Cepu. Disini jadi pusat ekonomi, ada bandara, ada stasiun kereta api dan ada terminal, termasuk Cepu ini kota migas ada banyak sekolah dan pusat pelatihan migas disini” terangnya. (Tim liputan Prokompim)